Senin, 09 Juli 2012

Bakar Lemak dalam Waktu Singkat!


Bakar Lemak dalam Waktu Singkat!
Program latihan super simpel untuk membuat perut rata segera.
Penelitian membuktikan bahwa kita bisa membangun dan membakar lemak hanya dengan beberapa gerakan. Bahkan ketika kita melakukan latihan hanya 20 menit, kita tetap bisa membakar lemak 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan latihan selama 40 menit. Syaratnya, kita hanya harus benar-benar memaksimalkan waktu yang 20 menit itu.
Dan Miriam Nelson, PhD., dari John Hancock Center for Physical Activity and Nutrition, Tufts University, memberikan kita dua pilihan program latihan yang benar-benar bisa membakar lemak sambil mengencangkan otot. Bonus tambahannya, latihan ini sangat mudah jadi meluangkan waktu 10-20 menit. Sehingga bagi kita yang super sibuk, tak bisa memiliki personal trainer atau ahli gizi pribadi, rangkaian latihan ini akan mewujudkan impian kita memiliki tubuh proporsional.
Pilihan Latihan Kekuatan 1 : Kencangan Otot
Lakukan gerakan-gerakan ini secara berkesinambungan tanpa jeda. Teknik ini membuat tubuh membakar kalori 2 kali lebih banyak. Lakukan setiap gerakan sebanyak 8-12 repetisi. Setelah selesai satu set, ulangi sekali lagi untuk mencapai waktu latihan 10 menit.
LungeMembentuk pinggul, paha, dan bokong.
Langkahkan kaki ke belakanng sejauh 50 cm. Tekuk lutut hingga kaki yang di depan membentuk 90 derajat. Jaga posisi lutut yang di depan, sedikit di depan pergelangan kaki. Kembali ke posisi semula, ganti kaki, ulangi gerakan.
Push-UpMembentuk tangan, dada, dan perut.
Ambil posisi push-up. Berat badan bertumpu pada lutut dan kedua tangan. Telapak tangan di bawah dada. Turunkan tubuh dengan membentuk siku. Kembali ke posisi semula. Uangi gerakan.
Bicycle CurlMembentuk perut bagian samping.
Berbaring di matrasa, kedua tangan di belakang kepala, kedua kaki lurus. Angkat kepala dan punggung sambil mengangkat kaki menjauh dari lantai, tekuk kaki kanan mendekat ke arah dada. Putar torso ke kanan sambil mendekatkan siku kiri ke lutut kanan. Kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan dengan arah sebaliknya.
Chair DipMembentuk bahu dan tangan.
Duduk di kursi, lutut ditekuk dan kedua telapak kaki rapat menempel lantai. Kedua tangan di samping pinggul, menggenggam kursi. Angkat pinggul dengan bertumpu pada kedua tangan. Gerakkan tubuh maju ke depan kursi, siku menekukn 90 derajat di belakang. Turunkan tubuh ke arah lantai. Kencangkan otot lengan. Kembali ke posisi semula, ulangi gerakan.
 Foto : Alexa Miller
Pilihan Latihan Kekuatan 2 : Gunakan dumbbell.
Pilih beban yang cukup berat agar otot terbentuk lebih cepat. Satu set terdiri atas 8-12 kali repetisi. Jika sudah mahir, ganti dumbbell dengan yang lebih berat. Istirahatlah selama 30 detik di antara dua set gerakan.
Row&LiftMembentuk bahu, punggung, lengan, dan bokong.
Berdiri, dumbbell digenggam di depan paha. Tundukan badan ke depan, sejauh 45-90 derajat. Biarkan tangan menggantung di bawah bahu, telapak tangan mengarah dalam. Angkat dumbbell mendekati dada (lihat gambar). Turunkan lagi. Kencangkan otot perut, dorong bokong ke depan, sambil menegakkan tubuh ke posisi awal. Ulangi gerakan.
 Cross ChopMembentuk bahu, perut, bokong, dan kaki.
Berdiri, kaki dibuka selebar bahu. Genggam dumbbell dengan kedua tangan. Angkat tangan ke samping kanan atas, melampaui kepala. Turunkan pinggul, seolah-olah akan duduk di kursi. Putar tubuh ke kiri, turunkan dumbbell ke samping kiri (lihat gambar). Kembali ke posisi semula. Ulangi ke sisi sebaliknya.
Curl&PressMembentuk dada, lengan, dan perut.
Berbaring, lutut ditekuk. Genggam dumbbell di depan dada, siku ditekuk. Kencangkan otot perut, angkat kepala dan punggung sambil menjulurkan tangan ke depan, lurus sejajar dengan bahu. Tahan posisi. Turunkandumbbell lalu turunkan kepala. Ulangi gerakan.
Double-Duty SquatMembentuk pinggul, paha, bokong, dan lengan.
Berdiri, kaki dibuka selebar bahu. Genggam dumbbell di samping paha, telapak tangan mengarah ke dalam. Tekuk lutut, turunkan pinggul seolah akan duduk. Tekuk siku, angkat dumbbell ke arah bahu, telapak tangan mengarah ke dalam. Jaga posisi lutut di belakang ibu jari. Berat badan bertopang pada tumit dan dorong bokong ke belakang. Tekan lutut untuk kembali ke posisi awal. Turunkan tubuh, ulangi gerakan.
Foto : Alexa Miller 
Selain kita bisa memilih salah satu latihan tersebut, kita juga bisa melakukan keduanya sekaligus agar hasil lebih optimal. Atau, kombinasikan dengan latihan kardio. (Lily Turangan/Siagian Priska)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar